Analisa Data dan Peluang / Data Analysis and Probability
At the end of phase D, learners can formulate questions, collect, present, and analyze data to answer questions. They can use proportions to make guesses about a population based on the samples used. They can use histograms and pie charts to present and interpret data. They can use the concepts of sample, mean, median, mode and range to interpret and compare several datasets related to learners and their environment. They can investigate the possibility of changes in the center’s measurements due to changes in data. They can state a summary of the statistics by using boxplots (box-and-whisker plots).They can explain and use the notion of odds (probabilities) and the proportion (relative frequency) to estimate the occurrence of one and two events in a simple experiment (all experimental results evenly).
Di akhir fase D, peserta didik dapat merumuskan pertanyaan, mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data untuk menjawab pertanyaan. Mereka dapat menggunkan proporsi untuk membuat dugaan terkait suatu populasi berdasarkan sampel yang digunakan. Mereka dapat menggunakan histogram dan diagram lingkaran untuk menyajikan dan mengiterpretasi data. Mereka dapat menggunakan konsep sampel, rerata (mean), median, modus dan jangkauan (range) untuk memaknai dan membandingkan beberapa beberapa himpunan data yang terkait dengan peserta didik dan lingkungannya. Mereka dapat menginvestigasi kemungkinan adanya perubahan pengukuran pusat tersebut akibat perubahan data. Mereka dapat menyatakan rangkuman statistika dengan menggunakan boxplot (box-and-whisker plots). Mereka dapat menjelaskan dan menggunakan pengertian peluang (probabilitas) dan proporsi (frekuensi relatif) untuk memperkirakan terjadinya satu dan dua kejadian pada suatu percobaan sederhana (semua hasil percobaan secara merata).