Capaian Pembelajaran / Learning Outcomes
At the end of this phase D, learners are able to understand self-awareness and family and the closest environment. He was also able to analyze the relationship between the diversity of geographical conditions of the archipelago and the formation of cultural plurality. He is able to understand how people strive for each other to be able to meet the needs of their lives. He was able to analyze the role of the government and society in encouraging the government’s economic growth. Students are also able to understand and have awareness of the social changes that are happening in the era of content. He can analyze economic developments in the digital era. Students understand the development challenges and the potential of Indonesia to become a developed country. He realized his role as part of the Indonesian and world community in the midst of the regional and global issues that were happening and contributed positively.
Pada akhir fase D ini, peserta didik mampu memahami kesadaran diri dan keluarga serta lingkungan ter-dekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber daya alamnya. Ia juga mampu menganalisi hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pemerintah pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontenporer. Ia dapat menganalisa perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahamin tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif.
Students are able to understand and apply learning materials through a process skills approach in their learning.i.e. observing, questioning it with the formula 5W 1H. Then it is able to estimate what will happen based on the answers found. Students are also able to collect information through literature studies of document studies, interviews, observations, questionnaires, and other information collection techniques. Plan and develop investigations. Students organize information by selecting, processing and analyzing the information obtained. The information analysis process is carried out by means of verification, interpretation and explaining existing problems by fulfilling the procedures and stages set. The student body reveals all the results of the above stages orally and in writing in the form of digital and no-digital media. Students then communicate their findings by publishing the results of the report in the form of digital and non-digital presentations, and so on. and so on. In addition, students are able to evaluate the learning experience that has been passed and expected can plan advanced projects by engaging across subjects collaboratively.
Peserta didik mampu memahami dan menerapkan materi pem-belajaran melalui pendekatan keterampilan proses dalam belajarnya. yaitu mengamati, menanya dengan rumus 5W 1H. Kemudian mampu memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan jawaban-jawaban yang ditemukan. Peserta didik juga mampu mengumpulkan informasi melalui studi pustakam studi dokumen, wawancara, observasi, kuesioner, dan teknik pengumpulan informasi lainnya. Merencanakan dan mengembangkan penyelidikan. Peserta didik mengorganisasikan informasi dengan memilih, mengolah dan menganalisa informasi yang diperoleh. Proses analisis informasi dilakukan dengan cara verifikasi, intepretasi serta menjelaskan permasalahan yang ada dengan memenuhi prosedur dan tahapan yang ditetapkan. Peserta didik mengungkapkan seluruh hasil tahapan di atas secara lisan dan tulisan dalam bentuk media digital dan no-digital. Peserta didik lalu mengomunikasikan hasil temuannya dengan mempublikasikan hasil laporan dalam bentuk presentasi digital dan non-digital, dan sebaginya. Selain itu peserta didik mampu mengevaluasi pengalaman belajar yang telah dilalui dan diharapkan dapat merencanakan proyek lanjutan dengan melibatkan lintas mata pelajaran secara kolaboratif.